Minggu, 24 April 2011

Lulusan SMA Tak Bisa Jadi CPNS

Lulusan SMA Tak Bisa Jadi CPNS

Jakarta - Kesempatan lulusan SMA dan sederajat mengikuti seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) kini tertutup. Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah mengeluarkan kebijakan, minimal peserta seleksi CPNS adalah lulusan Diploma III (D-III).
Seleksi CPNS tahun ini dijadwalkan digelar September. Saat ini BKN dan Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) terus menerima permohonan kebutuhan CPNS dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) seluruh Indonesia.
Kepala Bagian Humas BKN Tumpak Hutabarat menjelaskan pembatasan perekrutan tersebut sudah dikaji." Tinggal dijalankan," tandasnya di Jakarta kemarin (19/4). Sebagai pemanasan, pembatasan tersebut dilakukan dulu di Pulau Jawa dan Sumatera. Di Indonesia bagian timur hal itu belum bisa diterapkan.
Tumpat mengatakan, diantara beberapa pengajuan kebutuhan CPNS dari BKD yang masuk ke BKN, masih ada daerah-daerah di Pulau Jawa dan Sumatera yang mengajukan jatah PNS untuk pelamar berijasah SMA dan sederajat. Posisi yang disediakan, antara lain untuk tenaga sopir, kebersihan, dan sebagian tenaga administrasi.
Setelah keluarnya aturan pembatasan tersebut, BKN menetapkan tidak menyetujui permintaan tersebut. Dia mengatakan, aturan pembatasan tersebut didasari banyaknya pegawai honorer yang berijasah SMA. Tumpak menjelaskan, jika seleksi CPNS saat ini masih membuka lowongan untuk lulusan SMA dan sederajat, jumlah honorer lulusan SMA tidak akan pernah tuntas

0 komentar:

Posting Komentar